Laman

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI GUDANG ILMU

Sabtu, 31 Maret 2012

PENYEBAB BBM NAIK

Dahlan tuding Obama-Ahmadinejad penyebab BBM naik

Menteri BUMN Dahlan Iskan menuding perseteruan antara Amerika Serikat dan Iran di Selat Hormuz sebagai alasan pemerintah Indonesia terpaksa menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Menurut Dahlan, perseteruan antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad perkara nuklir membuat harga minyak mentah dunia terus melambung. Andai saja, kedua pemimpin itu tidak saling bertengkar, harga BBM dunia mungkin tidak akan ikutan naik.

"Gara-gara dua orang itu bertengkar, BBM naik. Coba kalau dua orang itu cipika-cipiki, pasti akan lain soal harga BBM. Kita demo saja kedua pemimpin itu," celetuk Dahlan saat menyampaikan talk show bertema "Pemimpin Muda, Belajar Merawat Indonesia", di kampus UGM Yogyakarta, Kamis (29/3/2012).

Terkait pemerintah akan menaikkan harga BBM, menurut Dahlan, saat ini pemerintah dalam posisi sulit. Sebab, jika harga BBM tidak jadi naik alokasi subsidi BBM 2012 akan habis pada Agustus nanti.

Dia menyampaikan, alokasi subsidi BBM pemerintah sebesar Rp130 triliun bisa membuat APBN pemerintah bertambah jebol jika tidak jadi dinaikan, sebab mengikuti harga minyak dunia.

Kalau sudah begitu, imbuh dia, yang akan terjadi pembatasan BBM besar-besaran. "Siapapun pemimpinnya (Indonesia) harus dihadapkan pada dua keputusan yang sulit," jelasnya.

Kalau sekarang tidak naik, Agustus nanti akan ada pembatasan BBM besar-besaran. "Kalau naik sekarang, tidak ada pembatasan Agustus nanti," jelasnya.

Dahlan mengaku sudah menerima beberapa pengusaha di hampir di seluruh Indonesia. Mereka sepakat untuk naik agar tidak ada pembatasan BBM dikemudian hari.



sumber: FB INDONESIA ONLINE

Tidak ada komentar: